Mimpi buruk buat tim MU, salah satu pemainnya tewas dalam kecelakaan pesawat

pri_sportsatu1432041224

SURGAQQ-Sebuah kecelakaan pesawat yang telah menimpa pemain sepak bola pernah terjadi beberapa kali sepanjang sejarah. Salah satunya seperti yang terjadi pada tanggal 6 Februari tahun 1958 yang silam. Sebuah tujuh pemain Manchester United atau nama singkatnya MU tewas dalam sebuah perjalanan pulang usai pertandingan Piala Eropa melawan klub Red Star Belgrade di Yugoslavia.

Mereka merupakan pemain andalan yang tengah naik daun kala tersebut seperti kapten kesebelasan Manchester United, Roger Byrne, serta Mark Jones, Eddie Colman, Tommy Taylor, Liam Whelan, David Pegg dan Geoff Bent. Juga pemain muda berbakat Busby Babes tersebut.

Selain hal tersebut, ada salah satu pejabat klub Setan Merah dan beberapa jurnalis olahraga yang juga menjadi salah satu korban. Total korban 21 orang yang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Salah satu pesawat maskapai British European Airways atau BEA tersebut terbang dari Yugoslavia ke Inggris. Di tengah perjalanan, kapal terbang ini transit di Bandara Riem, Munich, Jerman untuk mengisi bahan bakar.

Tetapi baru beberapa menit mengudara, pesawat BEA lepas kendali. Pesawat tersebut langsung menabrak rumah dan gedung. Akibatnya burung besi yang mengangkut 38 penumpang dan enam kru pesawat tersebut terbakar.

Manajer MU saat itu Matt Busby mengalamo luka parah dan langsung diberikan transfusi darah. Sedangkan bomber Setan Merah Bobby Charlton mengalami cedera pada bagian kepala. Tetapi mereka beruntung, nyawanya dapat terselamatkan.

Seperti dimuat BBC on This Day yang di kutip pada hari Sabtu tanggal 6 – 2 – tahun 2016, satu pemain lainnya Duncan Edwards meninggal dunia di rumah sakit 15 hari kemudian setelah kecelakaan.

Chief Executive Maskapai BEA, AH Milward memberitahukan saat kecelakaan tengah terjadi badai salju yang parah di Munich, sehingga pilot sempat menunda penerbangan untuk mengantisipasi gangguan pada mesin. Tetapai disaat cuaca dianggap membaik, pesawat tetap mengalami masalah saat terbang.

Awalnya sebuah kecelakaan pesawat tersebut diduga karena sang pilot James Thain kurang lihat mengendalikan sayap saat lepas landas. Tetapi kemudian terungkap bahwa tumpukan salju telah membuat proses tinggal landas tersebut kacau.

Dengan memasang skuat lain, MU kemudian bertanding dalam partai Final FA Cup melawan Bolton Wanderers. Tetapi klub yang bermarkas di Kota Manchester ini kalah. Klub Red Star Belgrade yang dikalahkan MU dalam pertandingan di Yugoslavia merekomendasikan agar para MU mendapat gelar juara kehormatan dalam European Cup.

Sejarah lain mencatat pada 6 Februari 1996, pesawat Boeing 757 milik Turkish Airlines kecelakaan di Samudera Atlantik, lepas pantai Republik Dominika dan menewaskan 189 orang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s